Senin, 18 Mei 2009

pelatihan 1 dan 2


SIDIKIT CERITA TENTANG PELATIHAN KE JEPANG

lanjut pada posting sebelum nya,.saya dah janji kepada sobat2 yang mempunyai minat mengikuti seleksi program magam ke jepang,..sebelum nya saya akan memberi pengertian sedikit tentang pelatihan 1 dan pelatihan 2.


  • pelatihan pertama(一番の練習)
pelatihan pertama bertujuan mempersiapkan peserta masuk lebih dalam mempelajari bahasa jepang,..dalam pelatihan pertama,disini lah sobat 2 akan di tes dan di uji dari segala segi mental,semangat,patuh,dan bersungguh2 dan serius dalam mengikuti pelatihan pertama.sedikit gambaran tentang pelatihan pertama,.disini sobat2 perlu bersabar,..di karenakan tahap ini adalah tahap yang sangat berat tuk di jalankan.dari pengalaman saya yang sudah pernah mengalami pelatihan pertama,di dalam pelatihan pertama tersebut,.saya merasakan tekanan,cobaan,serta masalah yang bertubi2 dateng secara tiba2 maupun tak terduga,.namun,.dikarenakan adanya dorongan dari seorang pacar,.maka saya beranjak bangkit dgn tegar dan menghadapi resiko yang akan datang.di pelatihan pertama,memakan waktu hampir 2 bulan tuk menyelesaikan semua ujian .untuk sobat,.jangan heran apabila maseh banyak yang gugur di pelatihan pertama,.banyak alasan dan sebab nya,..yang sering membuat peserta gugur adalah sikap dan perilaku,..dan yang kedua adalah ketidak sanggupan menguasai pelajaran bahasa jepang dalam waktu singkat. dalam pelatihan pertama,.maseh byk ets dan ujian yang wajib sobat2 ikuti,.bahasa jepang,.kebudayaan,perhitungan,dan mental.adapun sedikit contoh ujian yaitu;
  1. tes bahasa jepang;
  2. pola kalimat bab 1 sampai bab 15
  3. kata kerja
  4. kata benda
  5. kata sifat な
  6. kata sifat い
  7. kanji level 4 (lebih dari 100 huruf kanji)
  8. berbicara dgn bahasa jepang dasar
  9. tes kebudayaan jepang;
  • mengetahui dan mengerti kebiasaan orang jepang
  • mengetahui aturan yang berlaku di jepang
  • disiplin waktu
  • larangan di jepang

10.tes mental dan fisik;
  • lari minimal 3 km dalam waktu dibawah 15 menit
  • push up minimal 45 kali
  • shit up minimal 35 kali
11.tes tata bahasa dasar auditing
  • tes tata bahasa dasar auditring adalah tes yang tidak di beritahu sebelum nya termasuk guru pengajar,.di karenakan tes auditing di selenggaakan secara mendadak oleh pihak imm pusat(direktur imm japan).di dalam tes auditing ini,kepala kantor imm pusat langsung yang mengawasi jalan nya ujian tersebut.mungkin MR.SHIMIZU ataupun MR.ORIE DAN MR.KOMIYE.
sedikit cerita;
buat sobat2,.saya hanya bisa memberitahu bahwa jangan heran apabila di tes ujian terakhir pelatihan pertama ini banyak sekali peserta yang gagal ataupun gugur.mungkin di karenakan mental dan penguasaan bahasa jepang nya di bawah standar.pada waktu saya tes auditing,.sedikit kesalahan akan menjadi fatal,.contoh nya seperti teman saya,.hanya karena menoleh ke samping,.dia gagal dan akhir nya pulang,,.terus ada teman juga seperjuangan,.karena terlambat berdiri pada waktu selesai nya ujian,.akhirnya pun gagal dan pulang.terus terang,.maseh byk contoh2 nya ,..buat sobat2 ,..trick mengikuti tes auditing adalah jaga sikap,tenang,.dan fokus terhadap soal yang di berikan.(walaupun saya juga waktu itu dalam mengerjakan soal,.tangan ini rasa nya tidak kuat memegang pinsil dan ballpoint tuk mengerjakan soal2 tsb.dan tangan pun gemetar sendiri,..saya pun ga tau kenapa?/???he,.,he,.,he,.,.)
  • pelatihan ke dua (二番の練習)
pelatihan pertama dan kedua pada prinsip nya sama,.hanya saja di pelatihan kedua ini,.peserta wajib menguasai dan mendalami bahasa jepang.,tp tetap pada fisik,mental,dan sikap perilaku. di pelatihan kedua ini,..peserta akan di gabung menjadi satu dari berbagai perwakilan provinsi.epserta wajib lulus ujian level 4 dan lulus tes sbb;
  1. tes bahasa jepang;
  2. pola kalimat bab 1 sampai bab 25
  3. kata kerja
  4. kata benda
  5. kata sifat な
  6. kata sifat い
  7. kanji level 4 (lebih dari 200 huruf kanji)
  8. berbicara dgn bahasa jepang dasar(kaiwa)
  9. tes kebudayaan jepang;
  • mengetahui dan mengerti kebiasaan orang jepang
  • mengetahui aturan yang berlaku di jepang
  • disiplin waktu
  • larangan di jepang
10.tes mental dan fisik
  • lari minimal 3 km dalam waktu dibawah 15 menit
  • push up minimal 45 kali
  • shit up minimal 35 kali
selain itu peserta wajib lulus tes medical che-up,..nah bagi yang peroko,..dalam pelatihan kedua ini,.di harapkan mengurangi pembakaran rokok,.di takut kan karena adanya flek,ataupun penyakit lain yang di timbulkan oleh rokok,..(ya saya juga perokok berat seh,.,.he,.,.he,.,.he,.,.) sedikit cerita lagi yah,.,he,.,he,.,he,., di dalam pelatihan ke dua,.peserta digabung menjadi satu dari berbagai perwakilan provinsi,.terus di bagi dalam beberapa kelas,..tergantung dari nilai ujian sobat,..jika tinggi,.sobat akan di tempat kan pada kelas yang elit,.atau kelas A...nilai ujian tersebut akan berpengaruh pada tingkatan2 kelas,..maka dari itu terus semangat,pantang mundur... pernak-pernik masalah; ha,.,ha,.,ha,.,.lucu yah judul kalimat di atas ini,.memang benar,.di pelatihan pertama maupun pelatihan kedua,.peserta akan menjumpai pernak-pernik masalah,..masih bingung kan apa itu pernak-pernik masalah ,..nah silahkan sobat baca sampai akhir posting ini,.... ada gula ada semut,.mungkin itu peribahasa yang cocok buat mengikuti pelatihan,..terkurung,terbebani dengan rasa aturan2 yang ada,pr yang banyak,ujian setiap minggu,.di tambah problem dana dan keluarga,...eh iya maseh ada lagi,..kalau yang punya pacar,..akan mendapat cobaan yang begitu berat jika tidak mendapat persetujuan sebaelum nya dr pacar,..he,.,.,he,.,.he,.,., mungkin di atas,..cermin masa lampau kisah saya di pelatihan,..segala macam masalah datang bertubi2 ,masalah yang tidak di sangka,.maupun yang sudah dipikirkan sebelum nya,..bersabar,.pasrah,.,ikhlas,.,.tegar,...hanya itu yang bisa kita lakukan,...
  • nah,..ini dia pernak-pernik masalah;
  1. DOIZO (buku dosa) buku dosa ini adalah sesuatu yang bener2 tidak di inginkan oleh peserta manapun tuk menulis nya,..jika mempunyai masalah pada sensei(guru)usahakan jangan sampai menulis buku dosa atau doizo,..mungkin buku dosa akan di tulis bila besar nya masalah yang di timbulkan oleh peserta,..
  2. pekerjaan rumah(PR) pekerjaan rumah atau pun lumrahnya di sebuat pr,..akan di berikan berlipat-lipat samapi sobat tidak bisa tidur sampai pagi,..jika tidak selesai,.maka akan ada masalah besar,.dan akan mengakibatkan peserta pulang,..kata lain nya di nyatakan GUGUR/GAGAL.munikn banyak nya pr di karenakan banyak nya YARINAOSI atau kesalahan dalam membuat pr sebelum nya,...
  3. melakukan tugas wajib taoban (piket) ini juga rasa nya berat,..di karenakan setiap piket,.harus melapor sangat pagi,.terlebih lagi pada saat melapot,wajib memakai bahasa jepang yang baik dan benar,..apabila tidak bisa melapor dengan benar,..akan berujung pada penulisan buku dosa (doizo)
  4. tugas piket asrama setiap tugas asrama,.peserta di wajibkan melakukan semua tugas tuk membersihkan semua lingkungan asrama,..dan tugas asrama pun penting,..dan soal jadwal nya sudah di buat dengan lurah masing2(jujur,..saya sering nyantai2 aja dlu pada saat piket asrama,.mungkin di karenakan saya menjadi salah satu pimpinan asrama lurah,..jd tetep membuat jadwal piket aja,.selebih nya mememrintah wakil ataupun bendahara asrama buat mengawasi peserta menjalankan tugas piket,.,.he,.,he,.,he,.,) tp mungkin resiko dan beban saya sebagai penaggung jawab lebih berat,.di karenakan apabila inrtuktur melihat adanya sedikit sampah di lingkungan asrama,.maka saya sebagai pimpinan sekaligus penaggung jawab akan di panggil dan di marah2 hi oleh sensei maupun intruktur.
  5. yang terakhir apel pagi(subuh jam 04:45) subuh2 dah harus bangun dan mengikuti apel pagi bersama,..berhubung jd penanggung jawab peserta,..saya di wajibkan lebih awal datang di apel pagi.setiap peserta yang telat datang di apel pagi,..wajib push up dan shit up menurut jumlah waktu keterlambatan nya.perhitungan nya 1 menit keterlambatan di gantikan dengan 10 kali push up dan shit up,..kalau 1 jam,..akan di berikan sanksi bukan lagi dari penanggung jawab seperti saya,..melainkan langsung berhubungan dengan instruktur dan sensei,..yah berujung lagi ke sikap dan resiko nya pulang dan di nyatakan gagal/gugur.
untuk penjelasan pelatihan pertama dan kedua,saya kira sudah cukup,.pegel coy negtik nya,..tp di postingan berikut nya,..saya akan membahas suka duka di dalam mengikuti pelatihan magam ke jepang,.lalu di lanjutkan dengan pelatihan di jepang,..maseh ada pelatihan lagi bro!!!!belom selesai,..dan juga saya akan bahas tentang karakter instruktur dan sensei di dalam pelatihan,..agar sobat punya persiapan menghadapi masalah2 yang akan terjadi,.. ok,.sebagai penutup,..saya menulis apa yang udah saya rasakan berdasarkan pengalaman nyata/fakta,..kalau ada yang salah,..itu datang nya dari saya sendiri dan dari kebodohan saya sendiri,..tetapi jika ada yang bermanfaat atau pun baik / bagus untuk sobat itu datang nya dari ALLAH.S.W.T penguasa alam yang maha tinggi,..wassalamu'alaikum warah matullahi wabarakatuh.







7 komentar:

  1. Anonim8:03 AM

    boleh minta saran. Tolong ad FB ku ya? eriantoervan@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi Bidan penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
      kisah cerita saya awal jadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
      kisah cerita saya awal jadi TKI

      Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
      KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
      Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
      Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
      Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
      Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
      Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
      MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
      Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputy Bidan pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

      Hapus
  2. mantap ne,, susah juga ikutnya y

    BalasHapus
  3. Anonim12:49 PM

    kak boleh nanya lebih detail tentang jepang, tlng add ke fb ku ya yan_yanjn@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohyq senpai,saya punya permasalahan soal ciri" peserta magang,..kebetulah saya mempunyai bekas jahitan operasi usus buntu dulu waktu kecil,dan saya kira sudah tak ada efek lebih lanjut sampai saat ini,apakah itu jadi masalah pada tes peserta magang??

      Hapus
  4. terimakasih infonya senpai

    BalasHapus